Kerja dari Rumah, Penghasilannya bisa untuk "Bangun" Rumah

Juni 21, 2022
0 komentar

Kerja dari rumah tapi duitnya bisa dipergunakan untuk ngebangun rumah. 

Kedengarannya seperti tidak mungkin, ya. Tapi faktanya, banyak pekerjaan-pekerjaan dari rumah yang enggak bisa dianggap sepele.

Sedari kecil, mindset kita memang sudah disetting untuk jadi PNS, dokter, polisi, pilot dan pekerjaan mentereng lainnya. 

Orang-orang di sekitar kita punya anggapan kalau yang namanya kerja, ya...harus pergi pagi pulangnya sore. Ke luar dari rumah dengan memakai pakaian rapi dengan setelah ala pegawai kantoran. 

Stigma Berubah

Masa-masa pandemi kemarin, benar-benar ngajarin kita untuk membiasakan diri dengan hal baru. Kita "dipaksa" melakukan banyak aktivitas dari rumah, karena terlalu beresiko jika kita tetap memaksa untuk melakukan aktivitas di luar rumah, baik untuk diri sendiri maupun keluarga yang menunggu di rumah. 

Semua harus dilakukan secara online, mulai dari sekolah daring (dalam jaringan), kerja dari rumah (worf from home), belanja online dan berjualan juga online

Pandemi Covid19 nampaknya telah merubah pandangan tentang bekerja harus dari rumah. Karena, banyak pekerjaan-pekerjan yang bisa dikerjakan dari rumah mulai digeluti dengan serius selama pandemi. 

Lantas, Apa saja pekerjaan yang dapat dikerjakan dari rumah? Berikut sudah saya rangkum 5 pekerjaan yang terbukti menghasilkan cuan meski hanya rebahan..hehe

1. Konten kreator
Sebelum pandemi, sudah ada konten kreator yang sering kita lihat dari karya-karya mereka seperti home decor, food preparation, uangplanner, resep makananan yang bersliweran di instagram, youtube, podcast dan blog.

Tetapi, semenjak pandemi, jumlah konten kreator meningkat dengan karya yang luar biasa tentunya, mungkin niat awalnya sekadar untuk menghibur diri sendiri, netizen atau follower sosial media mereka, namun, setelah mendapat apresiasi yang tinggi, lama kelamaan diseriusin, bisa dikerjakan dari rumah dan jadi cuan.

2. Affiliator

Ini salah satu profesi yang menuai kontroversi, bagaimana tidak, pembahasan tentang affiliator ini seperti tidak ada habisnya. 

Sebenarnya, affiliator itu apa, sih?

Affiliator merupakan individu yang berperan dalam mempromosikan produk kepada konsumen. 

Cara kerja seorang affiliator bisa dikatakan seperti sales yang memiliki tugas menawarkan produk kepada konsumen. 

Seorang afiliator akan mendapatkan komisi dengan cara mempromosikan produk kepada para calon konsumen. Affiliator bisa menghasilkan uang dari penjualan sebuah produk tanpa memproduksi barang yang dijual.

Di Indonesia, sudah banyak market place yang memiliki program affiliate sendiri, dan siapa saja bisa join di program tersebut.


3. Kelas Privat Online

Pekerjaan yang satu ini cukup ramai peminatnya saat pandemi, orang tua yang anaknya sekolah daring pun tak luput mencari jasa yang satu ini, ditambah lagi momen yang pas bertepatan dengan dibukanya seleksi CPNS & PPPK  tahun 2021. Para calon pelamar otomatis mencari-cari bimbingan belajar atau kelas-kelas persiapan CPNS  yang tetap beroperasi di masa pandemi. 

Atas dasar itu, akhirnya para tutor privat maupun bimbingan belajar yang awalnya menggukan sistem tatap muka, kini mesti putar haluan untuk mengajar dan belajar secara online. Siswa tinggal duduk diam di rumah masing-masing, pemateri dan materi akan dijelaskan dengan media zoom, Google Classroom, maupun Google Meet.

4. Penulis Novel di Platform Online

Wah..profesi yang satu ini benar-benar mengalihkan dunia ku, kenapa? Karena uang yang didapatkan dari hasil menulis di platform online tidak sedikit. 

Berawal dari melihat salah satu penulis novel ternama, yaitu teh Majarani, bermodalkan scrolling instagram beliau, saya menemukan fakta bahwa gaji dari menulis yang beliau dapatkan berkisar hampir 20 juta per bulan. 

Angka yang fantastis, bukan? Cukup menggiurkan, dan ternyata bukan hanya teh Majarani yang mendapatkan royalti menulis sebanyak itu, semua penulis ternama maupun pemula juga merasakan gaji dari hasil menulis di platform, meski, ya...nilainya pasti tidak akan sama, disesuaikan dengan banyaknya jumlah kata yang dihasilkan, retensi pembaca, dan seberapa banyak pembaca yang unlock cerita kita. 

Kapan-kapan kita bahas lebih detail tentang platform kepenulisan ini, ya..


5. Penjual Online 

Profesi yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun, saat pandemi peningkatan daya beli berpengaruh terhadap semakin banyaknya penjual online

Dengan berbelanja online, banyak keuntungan yang kita dapatkan, diantaranya, hemat waktu, efisien dan pastinya aman karena tidak begitu banyak berinteraksi dengan orang lain. Saat pandemi juga, beberapa pusat perbelanjaan membatasi jumlah pengunjung mereka. Maka tidak heran jika pembeli online pun meningkat.

Apa sih yang tidak dijual di market place? Atau di  e-commerce? Semuanya ada ,😅

Minat masyarakat mengunjungi dan berbelanja online mendorong peningkatan nilai transaksi e-commerce sepanjang awal tahun 2021, transaksi e-commerce tumbuh 63,4 persen menjadi Rp.186,7 triliun (Sumber : www.merdeka.com)

Jadi? Sudah punya rencana untuk bekerja dari rumah saja sobat HujanPena? 

Kalau saya sih, YES

Bekerja dari rumah, duitnya bisa bangun rumah? Why not ðŸ˜Š


Referensi : 

Www.kamus.tokopedia.com

Www.merdeka.com 





Komentar

Postingan Populer